Jerman Mungkin Bertemu Inggris

Jerman percaya diri menghadapi Piala Dunia 2010, setidaknya di penyisihan grup. Pelatih Joachim Loew dan manajer tim, Oliver Bierhoff, merasa bahagia atas hasil undian di Cape Town, Jumat atau Sabtu (5/12) dini hari WIB, yang menempatkan negrinya di Grup D.
Meski begitu, undian itu memungkinkan Jerman bertemu dengan Inggris di babak berikutnya. Inggris sendiri berada di Grup C. Bagi Loew, itu justru akan sangat menarik. “Tanpa diragukan, bertemu Inggris di babak knock-out akan menjadi pertandingan hebat bagi kami,” ujarnya.
Di Grup D, Jerman akan bertarung lawan Australia, debutan Serbia, dan Ghana. Menurut Bierhoff, itu grup yang menyenangkan buat timnya.
“Kami sangat bahagia dengan hasil undian itu, karena tak bertemu Perancis atau Portugal. Meski demikian, bertemu Australia, Serbia, dan Ghana juga bukan pekerjaan mudah,” kata Bierhoff.
Jerman tak pernah kalah dari ketiga lawannya tersebut. Namun, Australia pernah merepotkan Jerman di Piala Konfederasi 2005. Jerman sempat kesulitan sebelum hanya menang 4-3. Kemenangan meyakinkan Jerman atas Australia terjadi di Piala Dunia 1974. Saat itu, Franz Beckenbauer dkk menang 3-0.
Sementara lawan Ghana, Jerman superior pada pertemuan sebelumnya. Mereka pernah mengalahkan Ghana 6-1 di partai persahabatan pada 1993. Terakhir, Jerman sempat kesulitan lawan Serbia pada partai persahabatan menjelang Piala Eropa 2008. Sempat tertinggal, Jerman akhirnya menang 2-1. Setidaknya, Jerman selalu menang melawan ketiga lawannya. Itu yang membuat mereka bahagia.
“Kami benar-benar bahagia dengan hasil undian itu. Ini grup yang menarik. Meski begitu, kami mengalami kesulitan saat bertemu Australia di Piala Konfederasi 2005,” jelas pelatih Jerman, Joachim Loew.
“Sedangkan Serbia tim yang kuat secara teknis. Mereka sangat dominan sepanjang babak kualifikasi dan membuat Perancis dalam masalah. Sedangkan, Ghana bagi saya merupakan salah satu tim terbaik Afrika, selain Pantai Gading dan Aljazair,” tambahnya.
Joachim mengaku akan segera menata timnya lebih baik lagi. Sehingga, pada saatnya “Der Panzer” bisa tampil bagus seperti di Piala Dunia sebelumnya.
“Sekarang kami bisa segera fokus untuk melakukan persiapan sebaik mungkin guna menghadapi pertandingan pertama pada 13 Juni nanti,” katanya.