IMF Jual 2 Ton Emas

Selasa, 17 November 2009 | 08:55 WIB
WAHINGTON, KOMPAS.com - Dana Moneter Internasional (IMF), Senin mengumumkan mereka telah menjual dua ton emas kepada bank sentral Mauritius senilai hampir 72 juta dollar. Penjualan membuat harga emas melonjak, Senin waktu setempat, sampai mencapai level tertinggi sepanjang masa di 1,136.72 dollar AS per ons.
Penjualan ke Mauritius "dilakukan atas dasar harga pasar berlaku pada 11 November 2009 dengan nilai setara dengan 71,7 miliar dolar," kata IMF dalam sebuah pernyataannya. Ini penjualan kedua oleh IMF sejak September ketika dewan eksekutif memberi wewenang atas penjualan 403,3 ton emas untuk meningkatkan kondisi keuangan di tengah krisis ekonomi global.
Pada 2 November, IMF menjual 200 ton emas ke bank sentral India senilai 6,7 miliar dolar.  IMF mengatakan akan menjual emas langsung kepada bank-bank sentral dan pemegang resmi lain untuk periode awal sebelum menjual dalam jumlah tertentu ke pasar terbuka "secara bertahap."  IMF yang berbasis di Washington itu saat ini menguasai lebih dari 3.000 ton emas, pemegang resmi logam mulia terbesar ketiga di dunia setelah Amerika Serikat dan Jerman.