NOKIA N86

Jagoan Kameranya Nokia

Kini Nokia sudah melengkapi lini produknya dengan ponsel kamera 8 Mpix. Digadang-gadang sebagai kampiun ponsel kamera. Tapi kemampuannya memang hebat.

Era ponsel yang memiliki kamera dengan angka pixels hingga bermega-mega memang sudah lama berselang. Beberapa vendor bahkan sudah memperkenalkan lini produk dengan kamera 8 Mpix sejak beberapa bulan sekarang. Nah, sekarang giliran Nokia yang memperkenalkan lini produk dengan kemampuan kamera sedahsyat itu. Rada telat memang, tapi tampaknya itu diimbangi dengan kelengkapan dan kemampuan fitur yang juga jempolan.

Paling tidak, Nokia N86 ini tidak sekadar hadir sebagai ponsel kamera. Dengan menyandang kode “N”, yang berarti masuk jajaran ponsel multimedia, ponsel ini punya segudang fitur multimedia terkini. Mulai dari sekadar mendengarkan radio, hingga bekerja dengan aplikasi kantoran. Mulai dari voice call biasa, hingga melakukan internet call (VoIP). Dengan semua itu, rasanya susah memalingkan perhatian dari ponsel serba bisa ini.DESAIN
Nokia N86 mengadopsi desain geser (slider). Dalam keadaan tertutup, tak nampak jajaran keypadnya. Namun, setelah digeser ke atas barulah tampak seluruh keypadnya. Dan, bila digeser ke bawah akan tampak di sebelah kirinya keypad untuk pemutar musik dan zoom in/out saat melihat foto. Tampak belakang, ponsel ini mirip kamera saku digital. Pelindung lensa berfungsi pula untuk mengaktifkan kamera. Tombol shutter sangat pas letaknya saat memotret.
Pengujian: membuka slider ke atas dan ke bawah
Nilai: 3,5
Catatan: Letak slot memori eksternal ada di dalam, jadi harus membuka back cover terlebih dahulu untuk memasang atau mencopotnya.

KAMERA
Dengan kualitas tertinggi dalam keluarga N-Series, N86 mampu menghasilkan foto hingga 3280 x 2464 pixels, dengan ukuran 1,3 hingga 1,8 MB. Sederet optimalisasi atau pengaturan menyertainya seperti white balance, effect, lampu flash, macro, hingga mode panorama. Dan, masih ada satu lagi yang cukup berguna untuk mencatat lokasi pemotretan, yaitu geo tagging. Jadi, bila kita berfoto ria di lokasi outdoor, kordinat lokasinya bisa tecatat berkat perpaduan teknologi GPS.
Pengujian: Memotret outodoor dengan fitur geo-tagging
Nilai: 3,4
Catatan: hasil foto mampu menghadirkan warna natural

LAYAR
Ketajaman layar 16 juta warna yang disandangnya mampu menampilkan gambar-gambar indah sesuai aslinya. Foto dan video hasil olahan kameranya mampu diputar ulang dengan baik dan memanjakan mata. Dengan menggunakan bahan active matrix OLED, layar masih terlihat baik di dalam ruangan maupun luar ruangan.
Pengujian: memutar video hasil rekaman kamera ponsel dengan kualitas VGA
Nilai: 3,7
Catatan: memiliki sensor otomatis orientasi layar

PEMUTAR MUSIK
Standar kualitas pemutar musik Nokia N-Series memiliki kelas tersendiri, baik dari kualitas speaker maupun kemudahan dan keindahan antar muka yang dirancang Nokia. Saat ponsel digeser ke bawah, akan tampak tombol-tombol khas pemutar musik. Port atau jack untuk terhubung ke headset memiliki standar universal 3,5 mm, sehingga kita dengan mudah menggunakan headset merek apapun dengan standar yang sama untuk mendengar musik. Selain itu juga bisa menggunakan bluetooth headset A2DP untuk kualitas yang lebih jernih.
Pengujian: Memutar beberapa sampel musik
Nilai: 3,3
Catatan: Tersedia equaliser standar maupun pengaturan manual sesuai keinginan.

FM RADIO
Bukan sembarang FM Radio yang diadopsi N-Series, tapi juga dilengkapi dengan RDS (radio digital system), yaitu untuk mencari stasiun radio secara otomatis berdasarkan region dan kota kita berada. Karena dengan sistem ini akan mempercepat pencarian frekuensi serta nama udara stasiun radio di suatu wilayah. Kehebatan sistem radio ini, agaknya masih kurang karena belum dilengkapi fasilitas rekaman.
Pengujian: mencari stasiun radio yang berada di wilayah Jakarta, terdeteksi ada 44 frekuensi stasiun radio lengkap dengan nama udaranya.
Nilai: 3,2
Catatan: memerlukan koneksi GPRS saat mengaktifkan RDS

MOBILE OFFICE
Meski handal dalam dunia hiburan, N-Series satu ini dilengkapi pula dengan QuickOffice, yaitu program untuk mengolah dokumen kantoran layaknya MS Office. Dalam versi mobile tak kalah kemampuannya untuk membuka dan membuat dokumen baru langsung dari ponsel. Bahkan diberi kemampuan untuk mengedit dokumen seperti power point. Sayangnya pada unit N86 yang kami coba aplikasi ini masih versi trial dan harus membelinya (purchase).
Pengujian: Mengetik dengan menggunakan aplikasi Word
Nilai: 3,25
Catatan: Selain Quick Office masih ada aplikasi kantoran untuk membuka dokumen PDF.

INTERNET BROWSER
Dengan diagonal layar 2.6 inci dan orientasi lanscape, tampaknya cukup memberi kenyamanan saat melakukan jelajah dunia maya. Mendukung beragam platform halaman website seperti HTML, XHTML MP, WML, dan CSS. Selain itu browser khas Nokia ini dilengkapi dengan minimap, jadi saat browsing kita bisa melakukan zoom in atau zoom out bagian tertentu dari sebuah halaman website yang dikunjungi.
Pengujian: Membuka website lokal maupun luar negeri
Nilai: 3,6
Catatan: Sudah mendukung protokol streaming video seperti Youtube

AGPS dan NOKIA MAPS
Nokia N86 patut diacungkan jempol untuk mencari lokasi atau peta di mana kita berada. GPS yang menyertainya telah dilengkapi dengan teknologi assist GPS, sehingga pencarian lokasi menjadi lebih cepat berkat bantuan cell BTS operator. Akurasi posisi yang ditunjukkan pada peta berkisar 10-20 meter. Peta digitalnya juga cukup mudah untuk dibaca.
Pengujian: Mencari peta lokasi sebuah taman di Jakarta setelah memotretnya dengan fitur geo-tagging.
Nilai: 3,1
Catatan: Membutuhkan koneksi GPRS untuk kecepatan mencari lokasi

MESSAGING
Satu lagi kemampuan yang cukup mendukung aktivitas pekerjaan kantor dan hiburan. Selain SMS dan email, N86 mendukung pula email dengan beragam attachment, baik dokumen kantoran maupun image. Urusan berkirim email tetap lancar di manapun berada, asalkan koneksi internet mendukung baik dari operator atau hotspot WiFi yang bisa ditemukan. Dan, fasilitas Nokia Messaging seperti push mail juga bisa dinikmati pengguna dengan ponsel ini.
Pengujian: Memasukkan akun email Gmail ke ponsel ini dan mengaktifkan Nokia Messaging
Nilai: 3,3
Catatan: Pengaturan sinkronisasi dan interval bisa disesuaikan keinginan kita. Perhatikan paket data bila aktivitas berkirim email Anda cukup sering dan berukuran besar.

KONEKTIVITAS