"Indonesia All Stars" Diumumkan Besok

JAKARTA, KOMPAS.com - Panitia tur Manchester United ke Asia akan mengumumkan pemain-pemain Indonesia All Stars pada Selasa (14/7) besok. Pemain yang dipilih melalui jajak pendapat lewat SMS itu sebagian besar merupakan pemain senior.

"Polling pengumpulan suara terbanyak itu sudah kami tutup pada Senin ini. Besok akan kami umumkan hasilnya," ujar Herman Ago, Kepala Bidang Promosi dan Marketing MU Asia Tour di Jakarta, Senin (13/7).Herman mengatakan, polling yang digelar sejak 15 April itu telah melibatkan 50.000-an orang pengirim SMS. Dari hasil polling itu, tampak bahwa masyarakat masih cenderung memilih pemain-pemain yang pernah memperkuat timnas senior, seperti di ajang Pra-Piala Asia dan Piala Asia beberapa tahun terakhir.

"Rata-rata pemain yang meraih suara terbanyak adalah mereka yang pernah memperkuat timnas dan tak ada pemain baru yang menonjol. Popularitas memang menjadi salah satu alasan mereka memilih," ujarnya.

Herman menambahkan, pemain unggulan yang paling banyak dipilih itu antara lain Boaz Salossa dan Ricardo Salampessy dari Persipura Jayapura, Bambang Pamungkas dan Ismed Sofyan dari Persija Jakarta, serta tiga pemain Sriwijaya FC yakni Budi Sudarsono, Charis Yulianto, dan kiper Ferry Rotinsulu. Penjaga gawang timnas Markus Horison dari PSMS Medan juga masuk daftar favorit beserta Firman Utina (Pelita Jaya), Eka Ramdani dan Zaenal Arif (Persib), Rahmat Affandi (Persitara), serta TA Mushafry (Persiba Balikpapan).

"Masyarakat tampaknya kurang memilih pemain baru, karena menilai kualitasnya masih dianggap rata-rata. Hal ini mengindikasikan mereka masih ragu dengan pemain baru, meskipun diakui ada beberapa yang menonjol," tutur Herman.

Sejak awal hingga akhir polling, nama Bambang Pamungkas dan Boaz Salossa saling berebut posisi peringkat teratas. Nama Boaz makin melejit setelah ia dinobatkan sebagai pemain terbaik dan pencetak gol terbanyak Liga Super Indonesia 2008-2009.

Pada pengumuman esok, panitia akan menentukan 22 pemain yang akan bertanding di bawah asuhan pelatih timnas Benny Dollo. Panitia juga akan mengundi nama-nama pengirim SMS dan pemenangnya berhak mendapatkan cuma-cuma untuk menyaksikan duel tersebut pada 20 Juli di Stadion Utama Gelora Bung Karno. (ANT)