Chelsea Profile

Chelsea

Chelsea

Alamat
Fulham Road, London, SW6 1HS Tel: 0870 300 2322
Stadion
Stamford Bridge

Klub berjuluk The Blues ini merupakan salah satu contoh sukses di kancah Premier League. Di era 1990-an, Chelsea menyeruak masuk ke papan atas Premier League tidak lepas dari pengembangan radikal dari bekas pemiliknya Ken Bates. Sejarah sebagai klub langganan papan tengah coba dihapus dengan masuknya Ruud Gullit pada musim 1996.


Inilah era awal kebangkitan The Blues dengan gaya Gullit yang dikenal bernama ”Sexy Football”. Pemain legendaris Belanda yang flamboyan itu menarik beberapa pemain top dunia ke Stamford Bridge seperti Roberto di Matteo dan Gianfranco Zola. Hasilnya, musim 1997 mereka menembus peringkat keenam di Premier League dan menjadi juara Piala FA.


Setelah kepergian Gullit, datang Gianluca Vialli yang membawa Chelsea merebut Piala Winners dan Piala Liga. Nama besar terus berdatangan termasuk Marcell Dessaily dan Didier Deschamps. Babak baru kejayaan Chelsea dimulai setelah masuknya miliuner asal Rusia Roman Abramovich yang menyuntikkan dana triliunan rupiah untuk menjadikan Chelsea sebagai kekuatan besar di Eropa.


Jose Mourinho dipercaya Abramovich menuntun Chelsea sebagai football powerhouse di Benua Biru. Nama besar berurutan datang seperti Didier Drogba, Arjen Robben, dan Joe Cole. Belum terhitung Andriy Shevchenko atau Miichael Ballack. Gelar pertama era Mourinho dicapai musim 2005 yaitu juara Piala Liga. Gelar Premier League juga terengkuh pada musim 2004/2005. Gelar ini dipertahankan musim berikutnya meskipun berhasil direbut Manchester United musim 2006/2007.


Musim 2007/08, Chelsea hampa gelar. Salah satu faktor utamanya adalah hengkangnya sang pelatih Jose Mourinho. Sebagai suksesor Mourinho, Avram Grant hanya mampu mengantarkan The Blues menjadi runner-up Liga Champions dan Premier League.


Kini, Roman Abramovich pun mencoba untuk membuka lembaran baru demi mewujudkan mimpi menjadikan Chelsea klub besar di Eropa dengan gaya sepakbola atraktiv. Langkah pertama yang diambilnya adalah dengan menggaet pelatih sarat pengalaman Luiz Felipe Scolari. Pelatih berkebangsaan Brasil ini hendak mencoba peruntungannya di Premier League bersama Chelsea dengan menggotong bintang-bintang baru macam Deco dan Jose Bosingwa.